Fenomena game di dunia

Sumber foto: http://www.blogcdn.com

 

Apa yang dilakukan Agate Studio, Bandung adalah gambaran kecil dari fenomena industri game yang luar biasa besar di dunia. Di Indonesia, industrinya mungkin belum maju pesat, namua pasar global bergerak demikian cepat. Berdasarkan data lembaga riset telematika Sharing Vision, berikut daftar game online dengan pengguna terbanyak di dunia:

 

Deretan game pengguna terbanyak di dunia

Game Pengguna di dunia Pengembang (Asal negara)
World of Warcraft 8,5 juta user- Blizzard Entertaiment, Amerika Serikat
RuneScape 5 juta user – Jagex Ltd, Inggris
Club Penguin 4 juta user – New Horizon Interactive, Kanada
Webkinz 3,8 juta user – Ganz, Kanada
Guild Wars 2 juta user – NCsoft, Korea Selatan
Second Life 500.000 user – Linden Lab, Amerika Serikat
Sumber: Sharing Vision, 2009

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, tak heran jika nilai duit berputar sangat tinggi, bahkan mengalahkan nilai penjualan game konvensional seperti Lego. Data yang dihimpun Sharing Vision menunjukkan penjualan mainan konvensional di dunia mencapai $58 miliar dollar pada 2008 dan turun jadi $43 miliar dollar pada 2016. Namun omset game online malah naik dari $66,6 pada 2010 menjadi $81 miliar pada 2016 mendatang. Di era teknologi informasi, berbagai perubahan memang terjadi di depan mata dengan cepat dan tak terduga!

* Dipublikasikan di Pikiran Rakyat edisi 15 September 2011

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0