Cloud Computing Makin Diandalkan di Tahun 2013

Topics : An Insight

Cloud computing akan menjadi semakin tren pada tahun 2013. Cloud computing akan semakin diandalkan pada tahun tersebut. Hal tersebut diutarakan dalam presentasi IT Extravaganza oleh Chief Sharing Vision, Dimitri Mahayana, 23 Desember lalu, Bandung.

Dimitri Mahayana, Chief Sharing Vision

Cloud computing semakin dipercaya sebagai modal IT masa depan. Kedua, investasi TI, data center dan operasti TI bergeser ke arah cloud. Di Swiss misalnya, mayoritas bank menggunakan cloud computing. Ketiga, adopsi cloud computing nampaknya tidak terbatas pada SME (Small Medium Enterprise), namun perusahaan-perusahaan besar papan atas juga mulai berlomba-lomba menggeser operasi TI-nya ke cloud dengan alasan utama efisiensi dan efektifitas. Keempat, isu security dan data privacy tetap menjadi isu utama yang menghambat perkembangan cloud.

Kelima, industri cloud computing di Indonesia pertumbuhannya masih akan lambat. Hal ini terutama disebabkan teknologi yang diimplementasi belum benar-benar proven sesuai best practice. Keenam, industri cloud computing di Indonesia akan kehilangan momentum bila gagal memberi layanan sesuai kebutuhan tahun 2013 ini. Ketujuh, pemerintah semestinya mengantisipasi akselerasi cloud computing ini dengan regulasi yang pro aktif dan insentif bagi para pelaku maupun penggunanya. (**)