Snapshot e-Channel di Indonesia 2012

Topics : An Insight, Digital Business & Technology

Dari semua media e-channel di Indonesia, mesin ATM-lah yang pertumbuhannya paling pesat. Penyebaran mesin ATM tersebut sudah pasti dibarengi dengan jumlah pemilik kartu ATM/Debit. Setidaknya begitulah apa yang pernah diriset oleh lembaga riset telematika Sharing Vision tahun 2012 ini.

Seperti yang terlihat pada gambar mesin ATM sudah berjumlah 47 ribu menyebar di seluruh Indonesia. Pemilik kartu ATM itu sendiri kini berjumlah 26% dari 242 juta penduduk Indonesia atau kurang lebih 62.920.000 kartu. Seiring berkembangnya teknologi e-channel ini, pengguna SMS Banking pun sudah cukup besar, sekitar 55.660.000. Namun, Sms Banking tersebut masih digunakan oleh para pemilik rekening bank kelas A+. Kartu kredit meskipun sudah terbilang lama keberadaannya, namun pertumbuhannya tidak terlalu besar, hanya 6%, karena resikonya masih tinggi dan persaingannya pun sangat ketat.

Apabila melihat angka dan gambar di atas, Internet Banking, SMS Banking, dan Mesin ATM, akan terus tumbuh secara pesat dalam beberapa tahun ke depan. Mesin ATM akan masih banyak dipergunakan oleh para pemilik kartu ATM yang berada di luar kota-kota besar. Sedangkan Internet Banking sebagian besar mesti diakses oleh mereka yang melek internet dan sudah tahu seluk beluk keamanannya. SMS Banking mungkin juga diakses oleh para pekerja di luar kota-kota besar seiring tumbuhnya pengetahuan tentang hal tersebut di sana dan medianya masih bisa menggunakan ponsel fitur. (An Intermezzo)