Security Trend 2013 : Trend Malware

Topics : IT Security & Risk Management

Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer tanpa izin. Itu adalah sedikit definisi tentang malware yang sejak dahulu sudah menjadi ancaman para pengguna dunia maya. Kali ini SHARING VISION akan membahas Trend Malware yang marak terjadi aknir akhir ini.

Salah satu pintu masuk terbesar malware adalah melalui smartphone,contoh : pengguna mendownload game atau aplikasi yang tesimpan malicious. Lalu game atau aplikasi tersebut membuat SMS tersembunyi dan pada akhirnya pengguna akan menerima tagihan.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Jumlah malware terbanyak saat ini terdapat pada Sistem Operasi Andorid, hal ini disebabkan karena Android adalah Open OS yang mudah bagi penyerang untuk membuat aplikasi mengandung malware ditambah juga pengguna ‘Robot Hijau’ ini terbanyak dibanding dengan smartphone lain. Model bisnis yang paling umum untuk serangan malware Android adalah menginstall aplikasi palsu yang diam-diam mengirim pesan SMS permium yang mahal. Android Malware dapat diperjual belikan dengan harga sekitar $1500 per malware.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Serangan malware dapat dicegah dengan berbagai cara. Bagi user hal tersebut dapat dicegah dengan cara mengaktifkan dan meng-update antivirus yang representatif serta memastikan setting keamanan sistem sesuai dengan best practies, misal mematikan auto play untuk usb juga mengaktifkan firewall.Sedangkan bagi perusahaan dapat menetapkan standar teknis pengamanan sitem (dekstop ataupun mobile) juga mengahruskan setting keamanan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.(**)

Produk Terkait