Pertumbuhan Internet Banking dan e-Commerce di Indonesia


Nilai transaksi internet banking di Indonesia telah menacapai Rp 3.642 triliun, jumlah tersebut melampaui nilai traksaksi ATM + debet yang berada pada Rp 3.476 triliun selama 2012. Pertumbuhan internet banking didorong oleh pengguna internet yang pertumbuhannya cukup pesat.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Menurut survey yang dilakukan olah Sharing Vision pada 6 bank besar di Indonesia, jumlah pengguna internet banking mencapai 5,7 juta orang pada 2012. Berarti 9 persen pengguna internet di Indonesia adalah pengguna internet banking, dan angkanya diperkirakan bertambah seiring pertumbuhan pengguna internet.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Pasar e-Commerce dunia mencapai US$ 1,29 triliun, wilayah Asia Pasifik menjadi market share paling menjanjikan, disusul oleh Amerika Utara dan Eropa Barat. Kementrian Komunikasi dan Informatika memprediksi pasar e-Commerce di Indonesia mencapai Rp 130 triliun di tahun 2013 (kurang lebih 1 persen pendapatan dunia), setelah sebelumnya pada 2012 mencapai Rp 69 triliun. Pertumbuhan belanja e-Commerce di Indonesia juga diperkirakan naik mencapai 71 persen, terbesar di dunia dengan nilai US$ 1,8 milar atau setara Rp 18 triliun pada tahun ini.(**)

See all related posts (15)

Produk Terkait