Menangkal Program Reproduksi


Heboh kiamat internet bukan hanya membuka mata banyak pihak, namun juga meningkatkan kewaspadaan kita akan virus komputer. Seperti diriset Lembaga Riset Telematika Sharing Vision pimpinan Dr. Dimitri Mahayana, virus komputer ternyata sudah ada sejak tahun 1949. Tepatnya ketika ilmuwan matematika Hongaria-Amerika, John von Neuman memberikan perkuliahan.

John von Neuman

Kala itu, dengan judul “Theory and Organization of Complicated Automata,” Neuman sudah menerangkan prediksinya tentang bagaimana sebuah program komputer bisa didesain untuk mereproduksi sebuah program dengan sendirinya. Ramalan ini menjadi kenyataan 21 tahun kemudian, tepatnya ketika ARPANET, sebuah proyek riset milik Lembaga Pertahanan Amerika Serikat, menemukan virus The Creeper yang digunakan 10 komputer berbasis sistem operasi TENEX.

The Creeper akhirnya dihapus antivirus bernama The Reaper. Selanjutnya, virus pionir lainnya yakni Elk Corner muncul tahun 1981 dalam komputer Apple DOS 3.3 serta (c) Brain dalam komputer IBM tahun 1986. Agar terhindar dari itu semua, tak ada salahnya mencoba antivirus andal gratisan. (An Intermezzo)

Produk Terkait