Kesulitan dalam Menentukan Justifikasi Pemilihan Vendor

Topics : IT Procurement

Setelah permasalahan harga, yang sering ditemui perusahaan dalam melakukan pengadaan TI adalah permasalahan vendor. Spesifiknya, perusahaan sering mengalami kesulitan dalam menentukan justifikasi pemilihan vendor.

Permasalahan memilih vendor yang sering dijumpai perusahaan dalam pengadaan TI. (sumber: sharingvision.com)

Seperti yang diteliti oleh lembaga Sharing Vision, perusahaan kerapkali menemukan empat masalah utama selama melakukan pengadaan TI. Yang pertama dan yang paling sering ditemui perusahaan (68,42%) adalah masalah perbandingan spesifikasi untuk masing-masing vendor. Kedua yaitu sebesar 57,89% adalah kesulitan dalam menentukan justifikasi pemilihan vendor. Ketiga (47,37%) perusahaan sering mengalami kesulitan dalam menentukan perbandingan harga untuk masing-masing vendor. Dan sisanya yaitu sebesar 10,53% adalah masalah lainnya.

Angka tersebut dihitung berdasarkan responden yang menjawab dan pernah mengalami kesulitan memilih vendor. Angka-angka di atas, khususnya masalah yang paling besar (pertama) bisa diatasi apabila user atau perusahaan bijak dalam memilih spesifikasi apa yang paling ideal. Hal ini perusahaan harus cerdas dalam memilih konsultan dan vendor. (An Intermezzo)

Produk Terkait