Kesempatan Membuka Lapangan Kerja (Survei Jumlah Pengguna Internet di Indonesia 2011)


Ketika jumlah pengguna Internet di Indonesia saat ini semakin bertambah – 45 juta pada tahun 2010 dan diprediksi menjadi 130 juta pada tahun 2014 – bagaimana apabila angka tersebut dibandingkan dengan jumlah pengguna di Asean? Anwar Sata, Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Logistik dan Intermoda Kamar Dagang dan Industri (Kadin), mengutarakan, “Pengguna Internet di Indonesia sejauh ini masih di bawah anggota Asean lainnya.”

 

Hasil survei perbandingan pada koran Bisnis Indonesia pada tanggal 23 September 2011 yang pernah dilakukan oleh Kadin terhadap pengguna Internet di Asean (%) pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi ke-6 yaitu 8,7%, sedangkan Brunei menempati posisi tertinggi yaitu 79,8% setelah Singapura (73,3%).

Salah satu indikasi kurangnya pengguna Internet di Indonesia terlihat dari kemampuan akses terhadap teknologi informasi yang harus ditingkatkan. Dan merupakan permintaan para pengusaha logistik nasional kepada pemerintah untuk menyediakan jaringan dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi guna menunjang kelancaran kegiatan logistik nasional. Hal ini berarti bahwa, selain penetrasi jaringan Internet ke pelosok-pelosok, pemerintah pun berkesempatan membuka lapangan kerja baru untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha tersebut.

Sumber: Bisnis Indonesia

Produk Terkait