Organisasi Business Continuity Management

Topics : Business Continuity Management, Data Management & Warehouse

Emergency dan Safety team ada sebuah keharusan di dalam menjalankan Business Continuity Management (BCM) karena apapun krisis yang terjadi, keselamatan jiwa manusia menjadi hal paling utama  yang diselamatkan. Fungsi ini dapat juga bergabung dengan Operation.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Berikut beberapa tim yang ada di dalam Crisis Management :

Board of Director berfungsi untuk menetapkan dan melaksanakan pengawasan atas kebijakan, kerangka kerja dan Management program BCM, memutuskan konsdisi krisis dan mengaktifkan Crisis Management team, membuat keputusan-keputusan yang harus diambil saat krisis dan mengelola isu-isu krisis yang memberi dampak pada perusahaan.

Corporate Communication berfungsi untuk mengelola internal perusahaan (kepada semua tim BCM dan karyawan) dan eksternal perusahaan (kepada stakeholder, regulator dan klien) terkait dengan BCM program.

Enterprise Risk Management berfungsi untuk mereview dan mengevaluasi ancaman dan risiko bisnis untuk saat ini maupun masa yang akan datang.

Legal berfungsi untuk memberikan nasihat hukum untuk proses operasional padasaat krisis dan mengelola serta menyelesaikan segala akibat hukum pada saat krisis.

Opreation berfungsi untuk mengelola seluruh operasional seluruh elamen yang terlibat dalam menjalankan action plan dalam situasi krisis

Finance berfungsi untuk menyediakan prosedur manajemen keuangan dan meberikan dukungan secara finansial untuk mengahadapi krisis.

Tim Business Continuity Plan (BCP) Customer Service berfungsi untuk membuat atau melakukan review serta melakukan pelatihan BCP Customer Service juga memulihkan aktifitas kritikal bisnis pada saat krisis dan setelah krisis.

Tim BCP IT berfungsi untuk membuat atau Customer Service berfungsi untuk membuat atau melakukan review serta melakukan pelatihan BCP IT juga memulihkan sistem IT kritikal pada level yang dapat diterima pada saat krisis dan menormalkan kembali sistem IT setelah krisis.

Tim BCP Logistik berfungsi untuk memberikan dukungan logistik kepada Tim CMP maupun BCP dalam pemulihan aktifitas dan sistem selama masa krisis dan setelahnya.

Tim Enterprise Security Management berfungsi untuk bekerja sama dengan logistik, melakukan evakuasi personal dan aset jika terjadi kondisi darurat yang mengancam jiwa dan memastikan bahwa semua personil yang dievakuasi selamat sesuai dengan daftar hadir yang ada.(**)

Postingan Terkait

Produk Terkait