Pasar Aplikasi untuk Segmen Korporasi Cerah

Topics : Straight News

Pasar aplikasi untuk segmen korporasi dinilai cerah di masa mendatang karena banyak perusahaan mengadopsi aplikasi untuk pengembangan sistem yang lebih moderen dan terintegrasi.

Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana mengungkapkan saat ini ada tren di korporasi dimana banyak menadopsi aplikasi web based yang dirancang memiliki aksesibilitas yang cukup luas. “Ini bisa menjadi peluang bagi pengembang aplikasi di pasar korporasi,” katanya belum lama ini.

Diungkapkannya, beberapa perusahaan mulai  mengintegrasikan sistem bisnisnya dengan berbagai aplikasi yaitu melalui sistem enterprise. Artinya berbagai dukungan aplikasi untuk seluruh segmen bisnis pada berbagai multi platform akan menjadi peluang bagi para pengembang. Contohnya, aplikasi pemesanan tiket yang bisa diakses melalui berbagai perangkat.

Dalam riset  yang pernah dilakukan Sharing Vision, 63% dari koresponden menunjukan telah melakukan booking tiket pesawat secara online dan 98% diantaranya menggunakan webside resmi maskapai.

“Berbagai perusahaan saat ini benar-benar berlomba untuk menghadirkan aplikasi yang berbasis website dengan multiple screen agar dapat diakses dimanapun dan oleh siapapun. Hal ini didorong penetrasi penggunaan Internet yang semakin tinggi,” paparnya.

Hal ini menurutnya juga dapat diterapkan pada perusahaan yang menjadikan web based sebagai bagian dari operasional dan strategi bisnis, misalnya pada sebuah perusahaan rental mobil untuk menghindari kehilangan atau penyelewengan.

Dikatakannya, sistem serupa sudah banyak dikembangkan di negara tetangga yaitu salah satunya untuk industri perbankan. Para pimpinan dapat melakukan monitoring kondisi kinerja perusahaan secara keseluruhan baik secara personal ataupun akumulatif, misalnya untuk anjungan tunai mandiri (ATM).

“Pergerakan teknologi ini baru dimulai di Indonesia dan para pengembang aplikasi jangan ketinggalan memanfaatkan momentum untuk para korporasi yang sedang mengembangkan sistem ini,” pungkasnya. (**)

Sumber