e-Channel Business in Indonesia

Topics : An Insight

Bersamaan berkembangnya teknologi informasi, pasar e-Channel di Indonesia juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu contohnya adalah nilai transaksi internet banking yang kini telah melampaui nilai transaksi kartu ATM + debit dan kredit.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Menurut data statistik diatas, nilai transaksi internet banking mencapai Rp 3.642 triliun, disusul nilai tansaksi ATM + Debet dengan Rp 3.476 triliun selama 2012 lalu. Sedangkan kartu kredit, nilai transaksinya tertinggal jauh.

Berdasarkan survei Sharing Vision dari 8 bank besar di Indonesia, pengguna SMS/mobile banking kini mencapai 16,5 juta orang. Hingga Mei 2013, Jumlah pengguna SMS/mobile banking tersebut melampaui jumlah pengguna kartu kredit  dengan 14,6 juta orang .

Namun dari sejumlah transaksi diatas, masih terdapat pangsa pasar retail dan perusahaan  yang belum tersentuh oleh e-Channel. Contohnya jumlah pengguna tol mencapai 3,3 orang per hari, perusahaan kecil atau 55,4 juta orang dan unbankable people 115 juta orang, semua itu adalah potensi besar bagi e-Channel di Indonesia.(**)