Pengadaan dan Penentuan Harga Perhitungan Sendiri Aplikasi Internet Banking (Bagian I)

Topics : An Insight, IT Procurement

Proses perhitungan Harga Perhitungan Sendiri (HPS) internet banking merupakan proses yang kompleks. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam menghitung HPS internet banking dan didukung oleh berbagai metodologi atau tools. Perhitungan HPS internet banking hanya dapat dilakukan dengan baik bila perusahaan mengetahui secara detail kebutuhan akan internet banking.

Perhitungan HPS memerlukan expert yang kompeten dan mempunyai kemampuan business analyst untuk memahami kebutuhan bisnis sekaligus system analyst untuk memahami struktur aplikasi yang akan dihitung.

(sumber : sharingvision.com)

(sumber : sharingvision.com)

Hal pertama yang harus dilakukan dalam Perhitungan HPS adalah menentukan Fitur/Layanan yang dibutuhkan yang bersifat elastis. Internet Banking memiliki fitur yang beragam, dari yang paling umum sampai fitur-fitur yang khusus,. Destilasi setiap fitur pun sangat mungkin berbeda, seperti Manajemen Nasabah, Layanan Informasi Rekening, layanan informasi transaksi, transfer antar rekening dll. Selain itu aspek non-fungsional dari aplikasi bisa berbeda menurtut kapasaitas, keamanan, customizability, manageability, integration support, dukungan platform dan warranty.

Faktor yang mempengaruhi pemberian harga untuk lisensi skala dan kondisi pasar. Faktor skala dapat bergantung pada penggunaan untuk perusahaan, pengguna atau hanya untuk transaksi.aktivasi. Sedangkan kondisi pasar yaitu memperhitungkan persaingan antar vendor software sejenis dan jumlah permintaan/pengguna software sejenis. Dalam menentukan Fitur/Layanan yang bersifat elastis adalah Waranty dan Support serta Capacity Planing.(**)

Overall rating