Geliat Ponsel Lokal di Tahun 2013

Topics : An Insight

Industri bisnis ponsel lokal diprediksi akan tumbuh  berkembang pada tahun 2013 ini. Namun para vendor lokal dituntut untuk “sadar” dan kreatif dalam berinovasi dalam mengarungi pasar yang memiliki peluang bisnis sangat besar untuk dioptimalkan.

Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana “Ini seperti menciptakan keunikan produk sesuai local lifestyle masyarakat Indonesia.”

Dimitri memaparkan didalam prediksi Sharing Vision bertajuk IT Extravaganza 2013, bahwa dibandingkan ponsel berproduk global, ponsel lokal memiliki kelebihan dalam fitur salah duanya adalah fitur dual SIM card dan TV analog.

Kemudian, ponsel lokal juga memiliki kelebihan dari sisi harga yang lebih murah, karena sebagian besar barangnya dipasok dari negara China.

“Diperkirakan harga smartphone akan turun 5-6 % di 2013, didorong ketatnya kompetisi baik dari vendor asing maupun lokal,” lanjut Dimitri.  Terbukti pada data IDC Indonesia pada tahun 2012, dua nama vendor ponsel lokal, Cross dan Mito bersaing dengan Nokia, Samsung dan Blackberry dalam mengisi tempat lima vendor terkuat di Indonesia.

Mari kita tunggu perkembangan ponsel lokal di tahun 2013 ini.(An Intermezzo)