BB-ku Sayang, BB-ku Malang! Diprediksi Habis 2015

Topics : An Insight

Oleh : M. Jatnika Sadili

BANDUNG, FOKUSJABAR.COM : Perang bisnis telekomunikasi serta IT services (Network-Devices-Application) yang gencar saat ini akan membuat Android menyalip Blackberry dan diprediksi umur bisnis Blackberry di Indonesia hanya sampai 2015.

Adalah Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana yang mengatakan  penggunaan android di Indonesia didorong oleh keterjangkauan harga, keragaman aplikasi, serta makin populernya touchscreen. Bahkan saat ini market share android di Indonesia mencapai 52%

Marketshare Smartphone tahun 2012 di dunia, Android 68,3 persen sedangkan BlackBerry OS 4,7 persen. Dari persentasi  tersebut terlihat bahwa Andriod sudah melampaui BlackBerry, terlebih aplikasi Android umumnya didapat  gratis,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (21/12)

Dari perbandingan jumlah aplikasi antara Android, IOS, Windows Phone dan Blackberry terlihat timpang. Android dan iOS sebanyak 700 ribu aplikasi sedangkan Windows Phone dan Blackberry rata-rata dikisaran 100 ribu.

Ssmartphone pun diprediksi menyalip PC, dan desktop disalip netbook, notebook dan pad. Dan saat ini dunia tengah memasuki era sejuta aplikasi (1 million applications age) dan nilai bisnis aplikasi dalam smart device yang diperoleh ribuan developer di dunia melewati 10 milyar dollar.

“Lokal smartphone industry memiliki peluang luar biasa, bila mampu menciptakan keunikan produk sesuai lokal lifestyle masyarakat Indonesia. Perkembangan industri M2M (machine-to-machine) juga akan naik di Indonesia. Jumlah pelanggan M2M melampaui 100 ribu pelanggan dan akan berkembang dengan cepat melewati 1 juta pelanggan bila ditemukan killer application-nya,” jelasnya.