Layanan e-Money Besutan BRI dan Bank DKI (Brizzi, SIM Smart, dan JAK Card)

Topics : An Insight

Selain layanan e-money dari operator seluler, survey yang dilakukan SharingVision periode 2010-2012, telah bermunculan layanan e-money seperti Brizzi, SIM Smart, dan JAK Card.

Brizzi merupakan uang elektronik besutan BRI yang bisa digunakan di 1100 merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Kini, sudah ada 450 ribu kartu Brizzi yang tersebar di Indonesia. Nilai rata-rata transaksinya Rp. 1,5 – 2 miliar per bulan. SIM Smart adalah kartu SIM yang dilengkapi chip untuk membayar denda tilang. SIM Smart ini berisi saldo yang bisa diisi ulang. Kartu SIM ini telah diuji coba pada 50 – 100 nasabah BRI.

Terakhir, JAK Card adalah kartu pintar prabayar (pre paid smartcard) yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Kini jumlah pengguna JAKCard sudah mencapai 10 ribu pengguna, sedangkan perangkat JAK Card Readernya sudah tersedia di 142 halte. Rata-rata per harinya, kartu ini digunakan oleh 7000-8000 orang. Kartu ini pun bisa digunakan sebagai kartu pegawai dan ATM.

Layanan e-money dari BRI dan Bank DKI

Ketiga kartu tersebut menunjukkan bahwa layanan e-money di Indonesia sudah semakin banyak. Role model dari instansi yang menyediakan kartu elektronik tersebut bisa ditiru oleh usaha-usaha di masa depan. (An Intermezzo)