Senjata Google (Perbandingan Google Now dan Siri Apple)

Topics : An Insight

Peluncuran aplikasi Google Now yang diumumkan pada Event tahunan Google I/O, Rabu (27/6) di Moscone Center, San Francisco merupakan salah satu ‘senjata’ Google untuk bertempur dengan para pesaingnya seperti Microsoft, Apple, dan RIM. Google Now berfungsi lebih dari mesin pencari Google dalam menjawab, memberikan informasi, memantau cuaca, menunjukan lokasi, rekomendasi tempat, pengingat kapan pengguna akan melakukan sesuatu dan meminta saran. Apabila Google punya Google Now, maka Apple punya Siri. Lantas, bagaimana perbandingan antara keduanya.

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset Piper Jaffray mengenai perbandingan antara Google Now dengan Siri dari Apple. Siri hanya mengerti sekitar 83% dari 400 pertanyaan yang diajukan di ruang terbuka, dan 89% dari 400 pertanyaan di dalam ruangan, dilansir dari digital trends. Tingkat akurasi Siri saat menjawab pertanyaan penggunanya hanya berkisar 62% di dalam, dan 68% di jalan umum. Sementara asisten digital besutan Google ini berhasil mengerti seluruh pertanyaan dengan tingkat akurasi sebesar 86%.

Dari data tersebut, terlihat bahwa Google berhasil membuat ‘senjata’ di tengah ketatnya persaingan digital. Selain, terkenal sebagai mesin pencarinya yang raksasa dan Androidnya yang semakin berjaya, Google Now melengkapi tiga keunggulan Google. (An Intermezzo)