Menjadi Besar Berkat Pengguna (Saham Facebook Kian Melemah)

Topics : An Insight

Dua minggu setelah Initial Public Offerings, saham Facebook ternyata semakin melemah. Pada perdagangan Senin waktu setempat, saham Facebook sempat menyentuh posisi terendah di US$ 26,44 per lembar, 30% di bawah harga IPO US$ 38 per saham. Sahamnya ditutup di level US$ 26,9 per lembar.

Pelaksanaan IPO Facebook (Sumber: reuters.com)

“Sulit sekali untuk berspekulasi jika Anda punya saham Facebook saat ini,” kata Analis dari Bernstein Research, Carlos Kirjner, dalam laporannya yang dikutip AFP, Selasa (5/6/2012). Kirjner merekomendasikan jual untuk saham Facebook. Pasalnya, dalam 12 bulan ke depan, ia memproyeksikan harga saham perusahaan milik Mark Zuckerberg itu akan berada di kisaran US$ 25 per lembar.

Melemahnya saham Facebook yang terus menerus menunjukkan bahwa Zuckerberg harus benar-benar mencari solusi tepat dan cepat memecahkan masalah ini. Apabila tidak, maka pesaing-pesaing media sosial ini akan siap menyusul dan menghentikan masa-masa kejayaan Mark dkk. Ada baiknya juga Mark mendengar apa yang benar-benar pengguna Facebook inginkan, karena jejaring sosial ini bisa menjadi raksasa berkat pengguna. (An Intermezzo)